Makanan

Manfaat Buah Sukun Bagi Kesehatan

Sukun atau Artocarpus Altilis merupakan buah yang berasal dari pohon sukun, dan yang masih termasuk kedalam anggota keluarga murbei.Pada umumnya orang menyebutnya sebagai buah ketika di konsumsi matang, dan di anggap sebagai sayuran ketika di konsumsi saat kondisi kurang matang.
Sukun memiliki kandungan zat tepung, yang mirip seperti kentang dan dapat di konsumsi dengan dikukus, dipanggang, ditumis, digoreng atau di gunakan dalam hidangan seperti semur dan sup.Tergantung bagaimana anda menyiapkan buah tersebut.sukun dapat dijadikan sebagai makanan penambah gizi yang baik untuk kesehatan.
Selain rasanya yang cukup manis dan baunya yang harum, sukun meerupakan sumber vitamin, nutrisi, dan mineral yang baik.Dalam porsi 220gr, sukun memiliki kandungan 59,66gr karbohidrat, 63,8mg vitamin C, 1078mg kalium, 0,242mg vitamin B1, 1,005mg vitamin, dan 0,185mg tembaga.

Berikut beberapa manfaat sukun untuk kesehatan antara lain :

1.Mengurangi diabetes
Manfaat dari sukun yang pertama adalah untuk mengurangi diabetes.Sukun mengandung banyak serat yang dapat membantu menekan dampak diabetes di tubuh manusia.Buah ini merupakan hidangan sehat untuk di konsumsi bagi penderita diabetes.Serat membutuhkan banyak energi untuk di cerna.

2.Kesehatan jantung
Manfaat dari suku yang kedua yaitu untuk menjaga kesehatan jantung.Sukun adalah sumber kalium yang sangat baik.Nutrisi ramah jantung ini dapat membantu mengurangi tekanan darah di dalam tubuh dan bisa mengontrol detak jantung dengan menguranginya efek natrium.Serat makanan dapat membantu mengurangi kolesterol dengan mencegah penyerapan nya diusus, sehingga bisa menurunkan kolesterol jahat, sekaligus juga meningkatkan kolesterol baik didalam tubuh.

3.Membantu pencernaan
Manfaat dari sukun selanjutnya adalah untuk membantu pencernaan.Serat didalam sukun mengeluarkan racun dari usus, sehingga bisa membantu melancarkan fungsi usus.Buah tersebut juga menghindari penyakit yang berhubungan dengan pencernaan seperti keasaman, mulas, gastritis dan maag, serta dapat menghilangkan senyawa beracun dari usus.

4.Kesehatan gigi
Manfaat dari sukun juga dapat memberikan manfaat yang sangat baik bagi gigi.Saat anda menderita sakit gigi, dengan mengonsumsi bunga sukun bakar bisa menjadi solusinya.Mengoleskan daun sukun dilidah juga dapat membantu menyembahkan sariawan.

Itulah manfaat-manfaat dari sukun bagi kesehatan.Sukun juga bisa di ekstraksi dan di ambil patinya.Tepung ini dapat di jadikan sebagai olahan makanan tanpa gluten.

4 Manfaat buah pepaya untuk kecantikan dan kesehatan

1.Mempercepat penyembuhan luka
ketikan memakan buah pepaya di gunakan secara topila; dengan menumbuk buahnya terlihat bermanfaat untuk mempromosikan pemyembuhan luka dan mencegah infeksi daerah kulit yang luka dan terbakar para penelitian sangat percaya bahwa enzim proteolitik chymopapain dan papain dalam buah pepaya sangat berfungsi seperti salep salep yang sangat mengandung enzim papain juga sangat digunakan untuk mengobati ulkus dan penyakit bekas luka dekubitus atau lubang baring

2.Mengurangi resiko penyakit alzheimer
pemyakit alzheimer adalah penyakit nerodegenratif proresif yang sangat berguna membunuh sel sel otak sehingga penyebaba masalah memr dan hilang kemapuan intelektual secara bertahap

pemyebab pasti penyakit alzheimer masih belum di ketahui tetap diyakini bahwa ketidakseimbangan dalam tubuh kita antar antioksidan dan radikal bebat merupakan penyakit yang sangat berbahaya kerusakan sel

sebuah penelitian orang amerika menemukan bahaw ekstrak bubuk buah pepaya yang difermentasi dapat membantu melawan efek stres oksidatif pada penderita penyakit alzheimer dan mampu memperlambat perkembangan penyakit

3.Mengobati sembelit
buah pepaya mengandung banyak manfaat dan itamin enzim yang di sebut dengan papain yang mmbantu pencernaan buah pepaya juga tinggi serat dan banyak kandingan air kedua dapat membantu mencegah sembelit dan meningkatkan kesehatan saluran pencernaan kita

selain itu makanan buah pepaya saat perut kosong diketahu dapat membersih saluran pencernaan dari racun dan banyak penyakit dan memperlancar buang air besar karena adanya enzim papain enzim disebutkan juga dikenal untuk mencegah gangguan pencernaan seperti kembung dan sakit perut kita

4.Mencegah diabetes
buha pepaya sangat berguna dan memiliki indeks glikemik yang sangat rendah yaitu ukuran yang di gunakan untuk menentukan beberapa besar makanan dapat mempengaruhi kadar gula darah dan indeks glikemik yang sangat rendah berarti buah pepeya tidak menyebabkan kadar gula darah melonjak setelah anda makan

makan buah pepaya sangat dapat mencgah diabetes menurut laporan tahun 2016 dalam jurnal nutrition dan metabolise buah pepaya sangat memiliki efek hipoglikemik pada tubuh kita yang sangat baik untuk penderita diabetes uah pepaya ini juga mengandung flavonold yang merupakan antioksidan alami untuk emantu mengatur gula darah

Review Makanan Enak di Bandung

Nah, jika kamu berdomisili di bandung dan sekitar, pada masa PPKM seperti ini sangat menarik sekali apabila bisa memesan cemilan yang enak. Masi edisi penggendutan diri untuk beberapa hari kedepan, disini bakal banyak review cemilan yang sangat enak, yang pertama adalah dari churrobitesindo

*) CHURROBITES

🌟 : (7/10)

Churrosnya sendiri menurutku oke, kaya crunchy, ada cinnamon and sugar yang bikin tambah okei, a bit oily soggy gtu dalemnya, tapi overall masih oke dah kalo churros nya.

Yang needs more improvement lebih ke dipping sauce nya green tea matcha yang mayan cair, padahal dulu pernah nyoba juga ga secair ini, maybe kebetulan aja kali ya hehe. rasanya sih oke menurutku yang butter scotch ama caramel 

Nona, nona, nona cantik! 

Eh hahahaha, kali ini aku mau review salah satu pizza enak anti mainstream dari nonna.italians

 

*) PIZZA BACON + FUNGHI

🌟 : (9/10)

Menurutku ini rasanya enakk bangett sihh.. isiannya super melimpah beda banget banget kaya yg pizza pizza sebelah dari dough nya sendiri typical yg gak terlalu tebal lebih ke tipis sedang, pasta tomato a balanced banget, pas dimakan ama bacon dan jamurnya bener bener compliment each others. Jadi pengen cobain rasa yg lainnya hihi

Frozen Ungkep Chef Retro tuh menggunakan daging pilihan yang diolah dengan bumbu ungkep spesial khas Chef Retro sampai merasuk sampai ke tulang, tekstur empuk dan pastinya praktis tinggal digoreng, cocok untuk yang gak pengen ribet masak

Variannya ada tiga macam yaitu : bebek, ayam kampung, burung puyuh.

Dalam satu kemasan frozen terdiri :

✓ 1 ekor bebek / ayam kampung ( termasuk 2 Dada, 2 Paha, Kepala, Ati Ampela dan Ceker )

✓ Sambal Pedas

✓ Lalapan Daun Pepaya

.

*) AYAM UNGKEP, BEBEK UNGKEP

🌟 : (8.5/10)

Menurutku ini rasanya enak, ringkas banget dalam bentuk frozen siap digoreng. Untuk ayam sendiri dan juga bebeknya rasanya gokil, sungguh meresap sekali  bumbunya, empuk sekali dagingnya, suka untuk daun pepayanya sendiri memiliki teknik ngolahnya jos jadinya tidak begitu pahit dan juga jadi compliment yang lezat waktu dimakan bareng ayamnya. Sambelnya beh mantap pedas, bikin nambah nafsu makan dan bikin nagih.

Mengenal Buah Elderberry Beserta Ragam Manfaatnya


Elderberry adalah buah yang berasal dari pohon Sambucus. Setidaknya ada 30 varietas elderberry yang tersebar di seluruh dunia. Salah satu spesies yang paling umum adalah pohon Sambucus nigra Eropa dan Amerika yang menghasilkan elderberry hitam. Buah Elderberry kecil dan sekilas menyerupai buah buni. Meski elderberry masih sedikit dikenal di Indonesia, masyarakat asli di Amerika dan Eropa sudah lama menggunakan buah ini untuk kesehatan.

Manfaat Elderberry

Elderberry, termasuk elderberry hitam, mengandung berbagai nutrisi yang dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh Anda. Berikut deretan manfaat elderberry yang harus Anda ketahui.

Meningkatkan sistem imun tubuh

Elderberry hitam kaya akan flavonoid yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Bersama dengan vitamin dan nutrisi lainnya, buah yang kaya antioksidan ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, mengurangi stres, dan membantu melindungi jantung.

Melawan pilek dan flu

Elderberry telah digunakan selama beberapa generasi untuk meningkatkan kekebalan dan mengobati pilek dan flu. Satu studi menemukan bahwa orang yang mengonsumsi tablet hisap ekstrak elderberry 4 kali sehari selama 2 hari mengalami perbaikan gejala pilek dan flu, seperti demam, sakit kepala, nyeri otot, dan hidung tersumbat. Sementara penelitian lebih lanjut diperlukan, temuan ini menunjukkan potensi elderberry untuk melawan pilek dan flu.

Membantu Mengatasi Masalah Kulit Seperti Jerawat

Flavonoid dalam elderberry dianggap melindungi sel-sel kulit dan mengobati masalah kulit karena sifat antioksidan dan anti-inflamasinya.

Senyawa ini dapat membantu melindungi sel-sel sehat dari radikal bebas berbahaya yang berperan dalam masalah kulit. Sifat antiseptik dari elderberry juga dapat membantu melawan jerawat.

Mengurangi Keriput

Kandungan vitamin A yang tinggi pada elderberry bermanfaat untuk regenerasi kulit. Buah dengan antioksidan tinggi ini juga dipercaya dapat menenangkan kulit, meringankan bintik-bintik penuaan dan mencegah atau mengurangi kerutan.

Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Dipercaya juga bahwa elderberry dapat menurunkan kadar lemak dan kolesterol darah. Sifat-sifat ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, mengurangi risiko komplikasi yang bisa berbahaya.

Perlu diingat bahwa elderberry digunakan secara lebih tradisional. Apalagi penelitian buah-buahan dengan antioksidan tinggi masih terbatas di alam di laboratorium atau di laboratorium hewan. Jadi lebih banyak penelitian pada manusia diperlukan untuk mengkonfirmasi keefektifannya.

Anda tidak boleh menggunakan elderberry sebagai pengganti pengobatan atau perawatan medis yang diperlukan. Konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan elderberry jika Anda memiliki kondisi kesehatan sebelumnya.

Konsumsi Buah Kering Dengan Berbagai Manfaatnya


Buah-buahan kering menjadi semakin populer akhir-akhir ini seiring dengan meningkatnya tren makan sehat. Karena makanan manis ini sering dijadikan topping untuk membumbui makanan sehat seperti yoghurt dan oatmeal. Bahkan, sering diprediksi bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Apakah buah kering juga bisa memberikan manfaat kesehatan

Layaknya buah segar, buah yang satu ini tetap bisa memberikan manfaat bagi tubuh. Namun, karena pengolahannya, ada beberapa risiko yang bisa terjadi jika Anda mengonsumsinya terlalu banyak.

Buah kering telah melalui proses ini

Proses pengeringan pada buah juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengawetkannya, karena tidak mudah busuk meski disimpan di suhu ruangan. Untuk menambah cita rasa, bahan baku lain seperti gula juga ditambahkan saat mengeringkan buah, sehingga menyerupai manisan buah.

Manfaat makan buah kering

Makan buah kering dapat memberikan manfaat kesehatan, seperti:

Memberi energi pada gaya hidup aktif

Buah kering tinggi kalori, sehingga baik untuk mereka yang memiliki gaya hidup aktif.
Tentunya jika Anda menggunakannya sebagai sumber energi, Anda tetap perlu memperhatikan total kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Asupan ini merupakan sumber kalori yang baik, namun tetap disarankan untuk tidak mengonsumsinya terlalu banyak, terutama jika buahnya mengandung tambahan gula.
Bagi Anda yang gemar memakannya, pastikan untuk menyeimbangkan asupan kalori dengan memangkas kelebihan kalori dari makanan tidak sehat lainnya seperti gorengan atau fast food.

Kaya akan Serat dan Antioksidan

Buah-buahan kering memiliki asupan gizi yang tinggi. Bahkan mengandung serat 3,5 kali lebih banyak daripada buah segar. Tidak hanya itu. Makanan ini juga bisa menjadi sumber antioksidan yang baik untuk tubuh.

Jenis antioksidan yang dikandungnya adalah polifenol, yang telah terbukti secara medis dapat meningkatkan prdouksi darah, dan mengurangi resiko terkenanya penyakit keras.

Rendah Gula Jahat

Buah kering seperti kismis memang mengandung gula namun gula yang dipakai baik untuk tubuh. Ini menjadi aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Hal ini membuat kismis alami tanpa tambahan gula, yang dipercaya dapat membantu mengurangi risiko seseorang terkena diabetes.

Baik untuk Ibu Hamil

Buah-buahan kering, seperti kurma, merupakan sumber serat, potasium, dan zat besi yang sangat baik untuk wanita hamil. Menurut penelitian, makan kurma secara teratur beberapa minggu sebelum melahirkan juga dapat membantu meringankan proses persalinan. Kurma diduga dapat membantu melebarkan leher rahim sebelum melahirkan sehingga kebutuhan akan induksi dapat dikurangi.

Melon, Buah Idaman Untuk Dikonsumsi Dengan Banyak Manfaat


Siapa yang tidak mengenal buah melon? Buah berwarna kuning kehijauan yang masih berkerabat dengan blewah dan semangka ini tak hanya enak karena rasanya yang manis. Tapi diet juga memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat melon yang akan membuat Anda semakin senang memakannya.

Manfaat Melon Yang Perlu Anda Ketahui

Mencegah Dehidrasi

Melon mengandung banyak sekali air di dalam buahnya. Tak heran buah ini bisa menyimpan cukup air di dalam tubuh. Tak hanya itu, melon juga mengandung elektrolit. Zat ini membutuhkan tubuh untuk terhidrasi secara efektif. Kalium, magnesium, natrium dan kalsium merupakan elektrolit yang baik untuk tubuh. Komposisi air yang melimpah, berbagai elektrolit dan serat dalam melon dapat menjadi makanan lengkap untuk mengisi kembali cairan tubuh setelah bekerja atau seharian di udara panas.

Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa makan melon dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah. Studi lain yang tersebar luas menemukan bahwa orang yang makan buah setiap hari memiliki kemungkinan lebih kecil untuk terkena diabetes. Di sisi lain, melon menyimpan karbohidrat yang bisa menaikkan kadar gula darah. Namun, ini berumur pendek dan dapat dinetralkan oleh serat dan nutrisi lain yang dapat meningkatkan kontrol gula darah.

Baik untuk mata

Bertambahnya usia dan paparan sinar matahari di layar komputer dapat menyebabkan masalah penglihatan. Katarak dan degenerasi makula terkait usia adalah beberapa di antaranya. Padahal, kedua penyakit tersebut secara berkala menyerang jaringan mata dan bisa berujung pada kebutaan. Karotenoid lutein dan zeaxanthin dalam melon adalah pelindung kuat terhadap kehilangan penglihatan. Kedua antioksidan ini melindungi mata dan mengurangi dampak kerusakan lingkungan.

Melindungi dari kanker

Karotenoid seperti beta karoten adalah manfaat lain dari melon. Senyawa ini memiliki sifat anti-inflamasi dan pelindung kanker. Penelitian yang berfokus pada peran karotenoid telah menemukan bahwa diet yang kaya akan senyawa ini memberikan beberapa manfaat. Ini termasuk menghindari sinar UV yang menyebabkan melanoma (kanker kulit).

Menjaga Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa asupan tinggi karotenoid dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular secara signifikan. Zat yang tersimpan dalam melon ini melindungi pembuluh darah dari peradangan, endapan dan serangan radikal bebas.

No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.