Month: June 2022

Jangan Pernah Berekspektasi Besar Pada Manusia Karena Itu Hanya Akan Membuat Sakit Hati

Jangan Pernah Berekspektasi Besar Pada Manusia Karena Itu Hanya Akan Membuat Sakit Hati

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan manusia adalah berharap. Berharap sebenarnya memiliki dampak atau efek yang baik dan buruk. Tergantung keadaan dan konteks nya apa. Tapi pada dasarnya manusia memiliki sifat berharap, tanpa dia sadari. Sehingga saat dia sudah terbawa dengan situasi dan kondisi, dia tanpa sadar memberikan pengharapan kepada sesuatu atau seseorang. Ada beberapa keadaan berharap bisa memberikan dampak atau efek yang positif bagi seseorang, tapi ada beberapa keadaan juga yang tidaklah cocok untuk kita memberikan pengharapan, atau berharap lebih. 

Jangan Pernah Berekspektasi Besar Pada Manusia Karena Itu Hanya Akan Membuat Sakit Hati

Apalagi harapan itu kita berikan kepada sesama manusia. Ya bagus jika ternyata yang terjadi adalah sesuai harapan atau bahkan melebihi dari ekspektasi kita. Tapi bagaimana jika yang terjadi adalah kebalikannya? Yang terjadi adalah, tidak ada satupun dari harapan kalian bisa terwujud atau terpenuhi. Itu tidak menutup kemungkinan. Karena dengan memberikan ekspektasi atau berharap pada manusia, itu di luar kontrol kita. Jadi mulailah dari sekarang berlatih untuk tidak memberikan ekspektasi, atau berharap lebih kepada manusia. 

Meskipun itu orang terdekat sekalipun. Karena itu tidak bisa menjamin apa pun. Kadang kala saat kita berekspektasi pada diri kita sendiri, itu kadang bisa mengecewakan hasilnya. Apalagi jika ini kepada orang lain. Berharap kepada Tuhan. Karena dialah yang mengatur segala hal yang ada di dunia ini. Dia yang memegang kuasa atas segalanya yang ada di dunia ini. Seketika kita mulai berharap lebih pada orang lain, kita juga harus menyiapkan hati kita untuk dikecewakan. Walaupun kita belum tahu hasilnya. 

Itu akan sedikit membantu. Agar saat hasilnya keluar, dan terbukti tidak sesuai harapan kalian. Kalian tidak akan sesakit itu. Kalian sudah tidak kaget. Kalian akan lebih menerima dan lebih ikhlas. Dibanding dengan kalian tidak menyiapkan diri kalian sama sekali dengan kekecewaan. Rasa sakit dan kecewa yang kalian rasakan akan jauh lebih sakit. Dan saat kalian sudah menyiapkan diri kalian akan kekecewaan, saat hasilnya malah sebaliknya. Malah sesuai dengan harapan kalian bahkan melebihi harapan anda. Itu akan membuat kalian sangat berbahagia. 

Penggunaan Imbuhan pada Suatu Kata

Disarankan: https://e-gunlugum.com/?p=488&preview=true

https://theroommate-movie.com/penggunaan-tanda-baca-pada-sebuah-kalimat/

https://eccyclesupply.com/penggunaan-huruf-kapital-dalam-kata-atau-kalimat/

Sebelumnya: https://bricksofnorthville.com/penggunaan-imbuhan-pada-suatu-kata/


Kata Imbuhan

Imbuhan mem- kan

Beberapa contoh kata yang memiliki kata imbuhan mem- kan: memberikan, membukakan, memoleskan, memasukkan, memisahkan, dan lain-lain. Contoh kalimat:
1. Ketika memisahkan perkelahian temannya, Ricky tidak sengaja terkena pukulan dari temannya.
2. Ricky membukakan pintu untuk seniornya.
3. Ricky melihat seseorang memberikan uang kepada orang yang kurang mampu.

Imbuhan meng-

Beberapa contoh kata yang memiliki kata imbuhan meng-: mengalah, mengatur, menghapal, mengikis, dan lain-lain. Contoh kalimat:
1. Ricky telah mengatur jalannya tugas presentasi yang akan dipresentasikannya.
2. Dia hanya mengalah agar suasananya tidak semakin buruk.
3. Ricky sudah menghapal dan memahami Pancasila.

Imbuhan meng- kan

Beberapa contoh kata yang memiliki kata imbuhan meng- kan: mengatasnamakan, mengaturkan, mengukurkan, mengalahkan, dan lain-lain. Contoh kalimat:
1. Ricky telah mengaturkan susunan pemain sepak bola kelas XII MIPA 1.
2. Ricky berhasil mengalahkan Kento Momota pada permainan bulu tangkis.
3. Surat yang dikirimkan untuk kepala sekolah tersebut mengatasnamakan Ricky Tanaka.

Imbuhan meny-

Beberapa contoh kata yang memiliki kata imbuhan meny-: menyikat, menyusun, menyala, menyanyi, dan lain-lain. Contoh kalimat:
1. Lampu tersebut menyala secara tiba-tiba.
2. Ricky terlah menyusun barang-barang yang diperlukan ketika sampai tujuan.
3. Ibu itu menyikat baju dengan kuat.

Imbuhan meny- kan

Beberapa contoh kata yang memiliki kata imbuhan meny- kan: menyatukan, menyusahkan, menyadarkan, menyebalkan, dan lain-lain. Contoh kalimat:
1. Sikapnya sangat menyebalkan karena tidak peduli dengan perannya.
2. Kejadian tadi siang menyadarkan dirinya bahwa tidak semua yang baik di depan juga baik di belakang.
3. Menyatukan pertemanan lebih sulit dibandingkan dengan merusak pertemanan.

Imbuhan meny- i

Beberapa contoh kata yang memiliki kata imbuhan meny- i: menyukai, menyusui, menyakiti, dan lain-lain. Contoh kalimat:
1. Aku sangat menyukai mata wanita tersebut.
2. Berbohong dapat menyakiti perasaan seseorang bila ia mengetahui bahwa dirinya dibohongi.
3. Ada banyak binatang yang menyusui, beberapa di antaranya adalah kucing, anjing, sapi, kambing, dan lain-lain.

Pada pertemuan berikutnya kita akan membahas mengenai kata imbuhan lainnya yang juga sering kita jumpai.

~ RT

Banyak Orang Berpikir Bahwa Dengan Kemampuannya Saja Sudah Cukup

Memang manusia itu hebat, mereka memiliki banyak sekali kelebihan. Mereka memiliki banyak sekali kemampuan. Bahkan mereka dari yang tidak memiliki kemampuan apa-apa, jika mereka benar-benar seriuskan itu, dan mereka latih terus secara konsisten, maka mereka bisa menguasai kemampuan tersebut. Dan bahkan bisa menjadi ahli dan bisa menjadi menguasai dengan baik kemampuan tersebut. Manusia memang sangat cerdas. Tergantung dari bagaimana mereka memanfaatkan dan memaksimalkan kemampuan mereka tersebut. 

Banyak Orang Berpikir Bahwa Dengan Kemampuannya Saja Sudah Cukup

Manusia dapat belajar baik lewat pendidikan, atau otodidak. Mereka memiliki banyak cara untuk bisa menjadi expert di bidang yang mereka inginkan. Selama mereka niat dan memiliki usaha yang besar, dan konsisten terhadap apa yang mereka kerjakan. Sehingga mereka bisa mengubah keadaan. Dari mereka yang dari bukan apa-apa, bukan siapa-siapa, menjadi seseorang. Dan itu spesialnya manusia. Itu alasannya kenapa manusia diciptakan sesuai dengan gambaran Allah. Dan merupakan ciptaan Tuhan Yang memiliki akal budi.

Itu kenapa manusia bisa dikatakan satu-satunya ciptaan Tuhan yang paling berakal budi. Paling cerdas. Sehingga manusia menjadi orang yang berkuasa akan segala ciptaan Tuhan di atas bumi. Dan itu juga menjadi atau membuat manusia menjadi ciptaan Tuhan yang sangat cerdas. Mereka bisa mengembangkan apa yang mereka miliki mereka bisa mengembangkan menjadi sesuatu bahkan di luar ekspektasi. Dan itu yang membuat manusia tampak dan menjadi ciptaan Allah yang luar biasa. 

Tapi sayangnya karena begitu banyak kelebihan dari manusia. Sehingga ada banyak manusia yang menjadi sombong, sehingga mereka sangat menyombongkan kemampuan mereka yang semua mereka bisa. Dan kadang ada beberapa manusia yang saking sombongnya merasa mereka tidak membutuhkan pertolongan dan bantuan Tuhan, mereka juga bisa melakukannya sendiri. Mereka juga tidak membutuhkan bantuan orang lain pun mereka sudah bisa mewujudkan semua apa yang ingin mereka lakukan. Dan cara berpikir seperti ini sangat salah dan tidak bisa dibenarkan. Jadi jangan pernah sekali-kali kalian meninggikan dirimu melebihi dari sang pencipta. 

Mengikuti Bacaan Horoskop Tentang Zodiak-Zodiak Memang Sangat Seru 

Manusia sering sekali mudah terpengaruhi. Dan manusia juga senang sekali dengan hal-hal yang berbau horoskop, tarot, dan lain sebagainya. Yang dimana bisa membaca masa depan kita. Yang kita akan mendapatkan gambaran oh, kira-kira kita akan seperti ini nanti. Atau mereka senang juga soal permainan zodiak. Dimana dari zodiak, kita bisa mengetahui bahwa kurang lebih orang yang berzodiak sekian, itu karakternya seperti apa sih. Atau kita bisa juga menjadikan itu sebagai hiburan untuk melihat seperti apa zodiak kita. 

Mengikuti Bacaan Horoskop Tentang Zodiak-Zodiak Memang Sangat Seru 

Sehingga saat dibaca-baca, dan pas nemu cocok, rasanya seru aja. Kayak wah kok bener ya. Dan akhirnya itu menjadikan kita untuk merenung dan membuat kita untuk berintropeksi diri. Sehingga kita bisa mengenal diri kita lebih lagi. Dan kita baru sadar, oh ya ternyata saya orangnya begini. Oh ya saya tipenya seperti ini, saya tidak suka ini, saya suka itu. Dan lain sebagainya. Jadi secara tidak langsung pembacaan astrologi itu bisa menjadi pengingat untuk kita berintropeksi diri. 

Jadi saat ada bacaan yang tidak bagus soal zodiak kita. Kita bisa berintropeksi diri dan kita bisa lebih kenal diri kita, kurang dan lebih kita. Dan saat kita diingatkan akan kekurangan kita, itu menjadikan motivasi untuk kita bisa berubah menjadi lebih baik. Bukan malah membanggakan akan kekurangan kita itu. Dan saat kita sedang putus asa, atau sedang tidak bersemangat hari ini, kalian bisa membaca bacaan zodiak kalian hari ini. Dan kelebihan dari zodiakmu apa. Sehingga itu bisa menjadikannya sebuah penghiburan untukmu. 

Membaca astrologi juga sangat seru apalagi saat kita sedang dekat dengan seseorang atau sedang memiliki pacar. Kita bisa membaca dan mencari tahu seperti apa sih karakter pacar atau gebetan kita. Sehingga saat ada yang cocok, kita menjadi girang sendiri. Dan saat ada yang kita enggak tahu oh ternyata orangnya seperti itu. Itu bisa menjadi bahan atau topik pembicaraan antara dirimu dan pasanganmu atau gebetan. Sehingga ini menjadi salah satu obrolan yang menarik untuk dibicarakan.

Perangkat Keras Komputer

Setelah mempelajari pengertian dan kegunaan dari internet, kali ini kita akan membahas mengenai komputer. Komputer merupakan suatu teknologi canggih yang dapat digunakan untuk berbagai kegiatan seperti melakukan pencarian suatu data, berkomunikasi, melakukan pekerjaan, menghibur diri dengan film ataupun musik, dan banyak hal lainnya yang dapat kita lakukan menggunakan komputer.

Komputer terdiri dari 3 perangkat, yakni perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan orang yang mengelola komputer (brainware). Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai perangkat komputer beserta contohnya.

Hardware atau perangkat keras komputer merupakan suatu perangkat komputer yang dapat dilihat dan dapat disentuh secara fisik. Unsur utama dari komputer adalah adanya suatu perangkat keras tersebut. Perangkat keras memiliki fungsi atau peran masing-masing.

Perangkat keras komputer utama terdiri dari:

1. Monitor

Monitor merupakan salah satu perangkat keras komputer yang memiliki fungsi untuk menampilkan gambar pada layarnya. Dengan adanya monitor, kita bisa meilhat suatu gambar yang muncul dilayarnya, baik itu merupakan tulisan, lukisan, video, dan lain sebagainya.

 

 

2. CPU (Central Processing Unit)

Central Processing Unit (CPU) merupakan perangkat keras komputer yang menjadi sumber dari semua pemrosesan sautu komputer. Dengan menghubungkan kabel perangkat keras lainnya pada CPU, barulah perangkat keras lainnya dapat bekerja. Namun, ternyata di dalam CPU terdapat suatu perangkat yang dinamakan motherboard. Motherboard merupakan perangkat yang menghubungkan seluruh perangkat komputer.

 

3. Mouse

 

Mouse merupakan perangkat keras komputer yang berperan sebagai perantara untuk dapat melakukan suastu klik pada layar monitor.

 

 

4. Loudspeaker

 

Loudspeaker merupakan perangkat keras komputer yang berperan sebagai alat yang dapat mengeluarkan suara dari data yang diproses dari suatu komputer, tepatnya pada monitor.

 

 

5. Keyboard

Keyboard merupakan perangkat keras komputer yang berperan sebagai perangkat yang memasukkan suatu tulisan seperti angka, huruf atau simbol lainnya ke layar monitor.

 

6. Printer dan Scanner

Printer merupakan perangkat keras komputer yang berperan sebagai perangkat yang memiliki fungsi untuk mengeluarkan hasil ceatakan dari suatu file yang dicetak. Sedangkan scanner merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk melakukan scanning dari luar agar dapat dimasukkan ke dalam komputer.

 

 

Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer juga dapat dibagi ke 3 jenis, yakni input, output dan processor. Input merupakan perangkat yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam komputer, output merupakan perangkat yang berfungsi untuk mengeluarkan suatu data dari dalam komputer, dan processor merupakan perangkat yang berfungsi untuk melakukan suatu proses berjalannya komputer.

Perangkat keras komputer yang tergolong menjadi input yakni:

  • Mouse
  • Keyboard
  • Microphone
  • Webcam
  • Scanner

Perangkat keras komputer yang tergolong menjadi output yakni:

  • Monitor
  • Loudspeaker
  • Printer
  • Headset

Perangkat keras komputer yang tergolong menjadi processor yakni:

  • CPU
  • Motherboard

~ RT

Tidak Semua Orang Bisa Melakukan Apa Yang Anda Lakukan Dengan Hasil Yang Sama

Kadang ada beberapa hal yang tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Ada beberapa hal yang harus kita alami sendiri, baru kita mengerti maksudnya apa. Seperti salah satunya, sering kali kita mengharapkan untuk orang lain melakukan seperti apa yang kita lakukan. Dan hasilnya harus sama. Dan ini berlaku di berbagai aspek, baik di tempat kerja, sekolah atau di rumah. Misalnya kita mengajari orang menulis. Dan dia bisa menulis, dari kata a sampai dengan z. Memang dia berhasil menulis kata a sampai dengan z tapi tulisan tangannya berbeda dengan kita. Kita tidak bisa memaksakan dia untuk bisa harus sama persis dengan apa yang kita lakukan. 

Tidak Semua Orang Bisa Melakukan Apa Yang Anda Lakukan Dengan Hasil Yang Sama

Dan hal itu sering sekali kita lupakan. Sehingga kita sering sekali memaksakan kehendak kita, atau memasang ekspektasi yang tinggi dimana orang lain harus bisa melakukan jelas persis seperti apa yang kita lakukan. Atau sama persis dengan yang di contoh. Pasti akan ada perbedaan. Karena setiap orang memiliki pola pikir, cara, yang berbeda-beda. Kita hanya bisa memberikan atau berharap, apa yang dikerjakan selesai. Dan memenuhi poin-poin pentingnya. Selebihnya mau sama persis dengan cara anda atau ada sedikit perbedaan itu tidak masalah. 

Hal ini harus kita terus ingat dan kita pahami. Karena banyak orang terjebak dalam pemikiran seperti ini. Harus sama, titik gak pake alasan ini itu. Apalagi jika sudah menyangkut pekerjaan, kadang atasan menginginkan karyawannya melakukan apa yang sudah di contohi, dilakukan sama persis, hasilnya harus sesuai dengan ekspektasinya. Itu sulit. Tetap akan ada satu dua perbedaan. Dan itu sudah menjadi hukum alam. Pun bisa saja ada yang bisa mengikuti sama persis. Beruntung kalau mendapatkan orang yang bisa mengikuti arahan anda dengan sama persis. 

Ada-ada saja memang orang seperti itu. Tapi akan jarang bisa ketemu seperti itu. Tapi saat kalian menemukan yang seperti itu, jangan jadikan dia acuan, dimana karyawan lain harus bisa seperti dia. Masa dia bisa yang lain tidak. Itu malah hanya akan menjadikan itu sebagai sebuah tekanan bagi karyawan lainnya. Dan itu bisa membuat kualitas pekerjaan mereka malah turun karena merasa tertekan. Seperti ada yang harus dikejar. Dan malah bukan hasil semakin baik, tapi semakin berantakan.

Mulailah Dari Sekarang Berbuat Baik Bukan Karena Ingin Masuk Surga Tapi Tulus

Banyak yang mengatakan dan semua agama akan mengatakan, jika kita berbuat baik maka kita masuk surga. Jika kita berbuat jahat maka kita akan masuk neraka. Dan saat kita sudah masuk neraka, itu tidak ada lagi jalan keluar atau kesempatan kedua untuk masuk surga. Dan neraka dikatakan sangat menakutkan, jauh lebih jahat dari kerasnya hidup di ibukota. Kalian bisa bayangkan saat kalian sedang putus asa, atau berada di titik terendah anda. Rasanya saja sangat tersiksa dan mau gila. Dan bayangkan jika perasaan itu akan membuntuti kita setiap harinya. Dan itu akan jauh lebih parah. 

Mulailah Dari Sekarang Berbuat Baik Bukan Karena Kalian Ingin Masuk Surga Tapi Tulus Dari Hati

Dan itu akan kita rasakan ketika masuk neraka. Maka dari itu banyak orang yang berlomba berbuat baik, agar terhindar dari neraka. Mereka berusaha melakukan hal baik sebanyak-banyaknya, sehingga semakin banyak hal baik yang mereka lakukan, semakin besar kemungkinan mereka masuk surga. Dan sebenarnya itu bagus. Orang jadi ada keinginan untuk berbuat baik. Memiliki pikiran untuk melakukan hal baik. Tapi akankah lebih baik jika mereka melakukan perbuatan baik, bukan karena alasan-alasan tertentu. Tapi benar-benar mereka melakukannya dengan tulus, karena mereka ingin dan mau. 

Bukankah itu akan jauh lebih baik? Karena rasanya jika kita melakukan hal baik karena beberapa alasan tertentu, berarti kita melakukannya karena terpaksa dong? Dan kalau misalnya akhirnya benar, mereka masuk surga. Setelah itu, mereka akan berhenti berbuat baik karena sudah masuk surga? Atau akan menjadi orang yang penuh kebencian karena ternyata mereka akhirnya masuk neraka. Mereka merasa ditipu dan dikhianati. Karena mereka sudah berbuat banyak hal baik tapi tetap saja masuk neraka. 

Bukankah pada akhirnya itu akan membuat orang akan salah mengartikan akan surga dan neraka? Dan menjadikan semua itu adalah kompetisi. Padahal masuk surga dan neraka tidak sesimpel itu. Tidak sesimpel anda melakukan hal baik dan sudah, maka anda masuk surga. Atau saat anda berbuat hal jahat, dan anda bertobat dan masuk surga. Tidak sesimpel itu. Dan yang memutuskan kita masuk surga dan neraka bukan manusia tapi sang pencipta. Jadi jangan memperumit hidupmu untuk menjadikan semuanya kompetisi untuk masuk surga.

No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.