Jangan Pernah Berekspektasi Besar Pada Manusia Karena Itu Hanya Akan Membuat Sakit Hati

Jangan Pernah Berekspektasi Besar Pada Manusia Karena Itu Hanya Akan Membuat Sakit Hati

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan manusia adalah berharap. Berharap sebenarnya memiliki dampak atau efek yang baik dan buruk. Tergantung keadaan dan konteks nya apa. Tapi pada dasarnya manusia memiliki sifat berharap, tanpa dia sadari. Sehingga saat dia sudah terbawa dengan situasi dan kondisi, dia tanpa sadar memberikan pengharapan kepada sesuatu atau seseorang. Ada beberapa keadaan berharap bisa memberikan dampak atau efek yang positif bagi seseorang, tapi ada beberapa keadaan juga yang tidaklah cocok untuk kita memberikan pengharapan, atau berharap lebih. 

Jangan Pernah Berekspektasi Besar Pada Manusia Karena Itu Hanya Akan Membuat Sakit Hati

Apalagi harapan itu kita berikan kepada sesama manusia. Ya bagus jika ternyata yang terjadi adalah sesuai harapan atau bahkan melebihi dari ekspektasi kita. Tapi bagaimana jika yang terjadi adalah kebalikannya? Yang terjadi adalah, tidak ada satupun dari harapan kalian bisa terwujud atau terpenuhi. Itu tidak menutup kemungkinan. Karena dengan memberikan ekspektasi atau berharap pada manusia, itu di luar kontrol kita. Jadi mulailah dari sekarang berlatih untuk tidak memberikan ekspektasi, atau berharap lebih kepada manusia. 

Meskipun itu orang terdekat sekalipun. Karena itu tidak bisa menjamin apa pun. Kadang kala saat kita berekspektasi pada diri kita sendiri, itu kadang bisa mengecewakan hasilnya. Apalagi jika ini kepada orang lain. Berharap kepada Tuhan. Karena dialah yang mengatur segala hal yang ada di dunia ini. Dia yang memegang kuasa atas segalanya yang ada di dunia ini. Seketika kita mulai berharap lebih pada orang lain, kita juga harus menyiapkan hati kita untuk dikecewakan. Walaupun kita belum tahu hasilnya. 

Itu akan sedikit membantu. Agar saat hasilnya keluar, dan terbukti tidak sesuai harapan kalian. Kalian tidak akan sesakit itu. Kalian sudah tidak kaget. Kalian akan lebih menerima dan lebih ikhlas. Dibanding dengan kalian tidak menyiapkan diri kalian sama sekali dengan kekecewaan. Rasa sakit dan kecewa yang kalian rasakan akan jauh lebih sakit. Dan saat kalian sudah menyiapkan diri kalian akan kekecewaan, saat hasilnya malah sebaliknya. Malah sesuai dengan harapan kalian bahkan melebihi harapan anda. Itu akan membuat kalian sangat berbahagia. 

By adminbikesegy
No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.